Visi & Misi Ilmu atau Sains Komunikasi (S1)

Visi dan Misi Ilmu atau Sains Komunikasi (S1)

Deskripsi

Program Studi Ilmu Komunukasi adalah Program studi yang mempelajarai ilmu dibidang komunikasi, khususnya dalam era sekarang ini prodi ilmu komunikasi lebih mengarah pada bidang ilmu komunikasi digital. Program Studi Ilmu Komunikasi UBSI memiliki dua peminatan yaitu: Pemitan Digital Public Relations dan Pemintan TV dan Film.

VISI

Menjadi Program Studi Unggul dan Bermutu dalam bidang Ilmu Komunikasi berbasis teknologi komunikasi dan informasi untuk mendukung ekonomi kreatif 2033.

MISI

1. Menjadi Program Studi Ilmu atau Sains Komunikasi sebagai penyelenggara pendidikan yaang berbasis teknologi dan informasi dalam menghadapi era disruptif.
2. Menyediakan dosen yang bermutu dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
3. Mewujudkan tata kelola program studi yan yang baik (good governance).
4. Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dalam mendukung pendidikan yang bermutu dan unggul
5. Menjalin kerjasama dibidang komunikasi baik dengan pemerintah, swasta, asosiasi dan perguruan tinggi dalam skala nasional dan internasional.


TUJUAN

1. Menghasailkan lulusan ilmu komunikasi yang inovatif, unggul, kompeten, kompetitif dalam digital media kreatir dan memiliki wawasan global, serta menjunjung tinggi moralitas dan etika profesi yang baik.
2. Mewujudkan dosen berkualitas yang menghasilkan karya ilmiah dan publikasi serta kegiatan pengabdian masyarakat yang bermutu dan bermanfaat dalam pengembangan bidang ilmu komunikasi.
3. Mencapai organisasi yang sehat dan transparan dalam pengelolaan bidang ilmu komunikasi.
4. Tersedianya laboratorium, studio dan perlengkapan pendukungnya yang memnuhi standar profesional.
6. Menghasilkan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan asosiasi baik nasional dan internasional dalam memajukan dan meningkatkan kualitas mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan.


CAPAIAN PEMBELAJARAN

SIKAP

a.       bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b.      menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c.       berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d.      berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
e.       menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f.       bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g.      taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h.      menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
i.        menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
j.        menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
k.      menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab dengan menghasilkan produk isi pesan komunikasi, kajian bidang komunikasi, dan program komunikasi yang memberi manfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial dan etika yang berlaku.

PENGUASAAN PENGETAHUAN

a.       konsep teoritis ilmu komunikasi secara umum;
b.      konsep teoritis komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa secara mendalam;
c.       konsep teoritis berbagai media (saluran) komunikasi, yang meliputi media cetak, media elektronik (audio/audio-visual), dan media digital;
d.      konsep, kaidah, dan proses pengembangan isi pesan untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi menggunakan beragam jenis saluran komunikasi;
e.       konsep, kaidah, dan proses penyusunan rencana dan implementasi program komunikasi;
f.       konsep, kaidah, dan proses penelitian komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi kuantitatif maupun kualitatif dengan pendekatan monodisipliner;
g.      konsep umum dan metode aplikasi etika dalam proses komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa;
h.      sejarah perkembangan, penggunaan, dan dampak teknologi di bidang komunikasi dan media; dan
i. pengetahuan faktual tentang jenis dan regulasi penyiaran, pers, jurnalistik, periklanan, informasi publik, dan Informasi dan Transaksi Elektronik.

KETERAMPILAN KHUSUS

a.       mampu memproduksi isi pesan isi pesan untuk berbagai tujuain komunikasi menggunakan berbagai jenis saluran komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku;
b.      mampu membuat kajian atau analisis atas masalah atau isu komunikasi interpesonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi massa menggunakan konsep dan teori komunikasi yang relevan;
c.       mampu menjalankan program komunikasi untuk mencapai tujuan melalui tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi pelaksanaan program komunikasi;
d.      mampu menjalankan kegiatan penelitian di bidang komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi kuantitaif maupun kualitatif dengan pendekatan monodisipliner; dan
e. mampu menyusun tulisan ilmiah di bidang komunikasi sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku dan mempublikasikannya dalam berkala ilmiah dan/atau forum pertemuan ilmiah.

KETERAMPILAN UMUM

a.       mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
b.      mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
c.       mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
d.      mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
e. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang