Visi & Misi Rekayasa Perangkat Lunak

Visi dan Misi Rekayasa Perangkat Lunak

Deskripsi

Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Program Sarjana (S.1) Universitas Bina Sarana Informatika diselenggarakan dalam rangka menghasilkan lulusan yang dapat memahami dan menerapkan proses membangun, mengoperasikan dan memelihara perangkat lunak dengan menerapkan prinsip engineering (keteknikan). Lulusan program studi perangkat lunak dapat menjadi software engineer (perekayasa perangkat lunak), mobile computing developer (pengembang komputasi mobile) dan cloud computing developer (pengembang komputasi awan).

VISI

Menjadi program studi yang unggul, memiliki daya saing global di bidang rekayasa perangkat lunak yang mendukung ekonomi kreatif pada tahun 2033.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu di bidang rekayasa perangkat lunak untuk pengembangan sumber daya manusia yang profesional dan handal di lingkungan global sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas, kompeten dan sesuai dengan kebutuhan saat ini dan akan datang.
2. Menyelenggarakan Penelitian di bidang rekayasa perangkat lunak untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui pengenalan dan penyebaran ilmu yang relevan untuk meningkatkan kinerja program studi dan mutu lulusan.
4. Mengelola program studi secara mandiri dengan tata kelola yang baik serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam negeri maupun luar negeri.


TUJUAN

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang rekayasa perangkat lunak sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi.
2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas untuk mendukung pengembangan sains dan teknologi informasi dengan memperhaikan moral dan etika akademik serta hak atas kekayaan intelektual.
3. Menghasilkan pengabdian masyarakat melalui kerjasama dengan masyarakat setempat sesuai dengan bidang ilmu.
4. Menjadi Program Studi yang memiliki tata kelola perguruan tinggi yang baik dan berkelanjutan.


kompetensi Prodi

1. Memiliki pengetahuan dan keterampilan bidang rekayasa perangkat lunak dan standar profesional yang dibutuhkan sebagai ahli perangkat lunak.
2. Memahami dan menerapkan teori, model dan teknik yang tepat yang digunakan sebagai basis untuk mengidentifikasi dan menganalisa masalah, mendesain, membangun, dan mengimplementasikan perangkat lunak, serta melakukan verifikasi dan dokumentasi.
3. Bekerja secara mandiri atupun tim untuk menghasilkan perangkat keras yang berkualitas
4. Memahami dan menghargai pentingnya kemampuan bernegosiasi, budaya kerja yang efektif, kepemimpinan dan komunikasi yang baik dengan pemangku kepentingan dalam suatu lingkungan pengembangan perangkat lunak,
5. Mendesain solusi yang tepat dalam satu atau lebih domain aplikasi dengan mengguakan rekayasa perangkat lunak yang mengintegrasikan etika, sosial, legal dan ekonomi.
6. Menyelesaikan masalah yang terkait dengan tujuan proyek, menemukan ruang kompromi yang baik di tengah keterbatasan biaya, waktu pengetahuan, kondisi sistem saat ini dan organisasi.
7. Mempelajari model, teknik dan teknologi baru sejalan dengan perkembangan serta menghargai pentingnya pengembangan profesional yang berkelanjutan.
8. Membangun aplikasi perangkat lunak bisnis, teknik dan ilmiah untuk memberikan solusi yang aplikatif, khususnya berbasis mobile computing (komputasi mobile) dan cloud computing (komputasi awan).

Capaian Pembelajaran

Sikap

1.      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
3.      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
4.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6.      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9.      Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan Menginternalisasi etika profesi, sehingga dapat menjalankan tugas secara profesional, bertanggung jawab, tidak memanfaatkan profesinya untuk kepentingan di luar dari lingkup pekerjaannya.

Pengetahuan

1.      Menjelaskan dan menerapkan dasar-dasar ilmu komputer
2.      Menjelaskan dan menerapkan teknologi komputer
3.      Menjelaskan dan menerapkan tools/alat-alat untuk membangun perangkat lunak komputer (PL)
4.      Menjelaskan dan menerapkan dasar-dasar matematika
5.      Menjelaskan dan menerapkan konsep dasar teknik/engineering untuk PL
6.      Menjelaskan dan menerapkan ekonomi teknik dalam membangun PL
7.      Menjelaskan aspek psikologi dan dinamika kelompok dalam membangun PL
8.      Menjelaskan dan menerapkan ketrampilan komunikasi dalam membangun PL
9.      Menjelaskan dan menerapkan profesionalisme dalam membangun PL
10.  Menjelaskan dan menerapkan dasar-dasar pemodelan
11.  Menjelaskan dan menerapkan tipe-tipe dari model
12.  Menjelaskan dan menerapkan dasar-dasar analisis dalam membangun PL
13.  Menjelaskan dan menerapkan dasar-dasar kebutuhan/requirements
14.  Menjelaskan dan menerapkan cara mengungkapkan kebutuhan
15.  Menjelaskan dan menerapkan cara mendapatkan dokumentasi dan spesifikasi kebutuhan
16.  Menjelaskan dan menerapkan cara melakukan validasi kebutuhan
17.  Menjelaskan dan menerapkan konsep desain PL
18.  Menjelaskan dan menerapkan strategi desain PL
19.  Menjelaskan dan menerapkan desain arsitektur
20.  Menjelaskan dan menerapkan konsep interaksi manusia dan komputer
21.  Menjelaskan dan menerapkan desain detail dari PL
22.  Menjelaskan dan menerapkan evaluasi desain PL
23.  Menjelaskan dan menerapkan fondasi dari terminologi V&V
24.  Menjelaskan dan menerapkan proses review dan analisis statistik
25.  Menjelaskan dan menerapkan cara melakukan pengujian/testing
26.  Menjelaskan dan menerapkan analisis problem dan pelaporan
27.  Menjelaskan dan menerapkan konsep dari proses
28.  Menjelaskan dan menerapkan implementasi dari proses
29.  Menjelaskan dan menerapkan tracking dan perencanaan proyek
30.  Menjelaskan dan menerapkan manajemen konfigurasi PL
31.  Menjelaskan dan menerapkan aktifitas proses evaluasi PL
32.  Menjelaskan dan menerapkan kualitas PL, konsep dan budayanya
33.  Menjelaskan dan menerapkan jaminan proses
34.  Menjelaskan dan menerapkan jaminan produk
35.  Menjelaskan dan menerapkan dasar-dasar keamanan komputer
36.  Menjelaskan dan menerapkan keamanan komputer dan jaringan
37.  Menjelaskan cara membangun perangkat lunak yang aman
38.  Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan metodologi baku dalam membangun perangkat lunak yang berkualitas
39.  Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan
40.  Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, pengelolaan pembelajaran bahasa inggris yang mendidik
41.  Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan cara kerja sistem komputer dan mampu merancang dan mengembangkan berbagai produk piranti berbasis digital
42. Memiliki pengetahuan yang terkait dengan perangkat keras komputer, jaringan komputer dan piranti perangkat lunak serta pengetahuan yang berkaitan dengan penerapan maupun penggunaan teknologi sistem tertanam (Embedded system) yang mendukung otomatiasi industri

Keterampilan Umum

1.      Mampu melakukan definisi kebutuhan pengguna dengan model sistematis sebagai panduan dalam mengembangkan berbagai jenis perangkat lunak. Memiliki kemampuan dalam seluk beluk infra- struktur di satu sisi, dan sistem informasi di sisi lainnya.
2.      Mempunyai pengetahuan mengenai bagaimana membangun sebuah perangkat lunak sistem (soft- ware system) dan perangkat lunak penunjang (soft- ware tool).
3.      Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi.
4.      Berfikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data.
5.      Mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis.
6.      Memimpin dan bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggungjawab terhadap pekerjaannya
7.      Memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika.
8.      Memiliki sikap untuk belajar seumur hidup (life- long learning).
9.      Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi iptek sesuai bidang keahlian
10.  Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi sesuai keahlian
11. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian, berdasarkan hasil analisis terhadap info dan data

Keterampilan Khusus:


1.      Mampu mengembangkan teori serta metode/teknik pada pembuatan perangkat lunak seperti software modeling and analysis, patterns analysis, ethnographic, knowledge elicitation, dengan berbagai bahasa pemrograman untuk berbagai keperluan umum.
2.      Mahir Berbahasa Inggris Lisan dan Tulisan dalam konteks keseharian/umum setara intermediate terkait bidang teknologi informasi
3.      Mahir Berbahasa Inggris Lisan dan Tulisan untuk tujuan tertentu (specific purposes) setara tingkat intermediate
4.      Mampu menerapkan metode dan proses belajar dan pembelajaran bahasa inggris untuk tujuan tertentu
5.      Mampu merancang model sistem berbasis Unified Modelling Language (UML), membuat desain sistem menggunakan beberapa metode, menyusun strategi pengujian perangkat lunak sampai dengan implementasi secara teknis pengujian perangkat lunak.
6.      Mampu memahami perhitungan IP Address dan Subnetting dan membuat jaringan komputer berbasis sisco
7.      Mampu memahami konsep keamanan untuk device dan jaringan yang digunakan
8.      Mampu melakukan instalasi perangkat komputer berserta peralatan dan komponen pendukungnya serta melakukan verifikasi stabilitas, ineterporabilitas, keamanan dan skalabilitas pada arsitektur computer
9.      Memiliki jiwa kewiraushaan dibidang Teknologi Informasi
10.  Mampu melakukan desain perangkat lunak untuk merancang sistem perangkat lunak (software) komputer
11.  Mampu melakukan pengembang perangkat lunak, meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi persyaratan untuk aplikasi perangkat lunak dan sistem operasi yang telah ada atau yang baru
12.  Mampu melakukan desain perangkat lunak untuk merancang sistem perangkat lunak (software) komputer.
13.  Mampu memahami teori serta praktik terkait dengan rekayasa perangkat lunak serta mampu memecahkan masalah-masalah dibidang rekayasa perangkat lunak
14.  Mampu melakukan teknisi perangkat lunak. Menguji dan memelihara solusi perangkat lunak. Menilai, mengembangkan, meningkatkan dan mendokumentasikan prosedur pemeliharaan untuk sistem operasi, lingkungan komunikasi dan aplikasi perangkat lunak dan melakukan konsultasi dengan pelanggan mengenai pemeliharaan sistem perangka lunak
15.  Mampu melakukan analis programer menerapkan prosedur pemrograman standar untuk mengembangkan suatu perangkat lunak. Mengembangkan, memodifikasi dan memelihara program; memonitor pengoperasian program; menganalisa kebutuhan pengguna serta implementasi, instalasi dan pelatihan yang berkaitan dengan perangkat lunak baru
16. Mampu menerapkan konsep grafik computer pada pengembangan teknologi dan mendesain prototype grafika
17. Mampu mengembangkan aplikasi berbasis mobile Computing (komputasi mobile)
18. Mampu mengembangkan aplikasi berbasis cloud computing (komputasi awan)