Visi & Misi SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (D3)

Visi dan Misi SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (D3)

DESKRIPSI

Program Studi Sistem Informasi Akuntansi merupakan salah satu Program Studi yang berada di Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika yang berdiri pada tahun 2018. Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan Program Studi Sistem Informasi Akuntansi dengan jenjang Diploma Tiga (D.III). Program studi Sistem Informasi Akuntansi merupakan program studi yang memadukan ilmu Sistem Informasi dengan Ilmu Akuntansi, program studi yang mempelajari tentang dasar-dasar akuntansi dan pemrograman yang dibutuhkan oleh seorang analis sistem untuk merancang, mengembangkan dan menerapkan sistem informasi akuntansi pada organisasi. Lulusan program studi Sistem Informasi Akuntansi dapat bekerja pada berbagai bidang antara lain Programmer, Entry Data Supervisor dan Accounting Analyst.

VISI

Menjadi Program Studi unggulan di bidang sistem informasi akuntansi mendukung pengembangan IPTEK dan ekonomi kreatif tahun 2033.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan pada bidang sistem informasi akuntansi yang berkualitas.
2. Menyelenggarakan penelitian di bidang teknologi informasi pada umumnya dan sistem informasi akuntansi pada khususnya.
3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang sistem informasi akuntansi dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
4. Mengelola program studi secara mandiri dengan tata kelola yang baik didukung sepenuhnya oleh fakultas.

TUJUAN

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan sistem informasi akuntansi yang mendukung ekonomi kreatif.
2. Menghasilkan lulusan yang kompeten, kreatif, inovatif, kompetitif dan berakhlak mulia.
3. Menghasilkan penelitian ilmiah di bidang sistem informasi akuntansi yang diakui pada tingkat nasional dan internasional.
4. Terwujudnya kegiatan pengabdian masyarakat di bidang sistem informasi akuntansi dan entrepreneur untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
5. Menciptakan suasana akademik yang mendukung pengembangan ekonomi kreatif.
6. Mewujudkan program studi sistem informasi akuntansi dengan tata kelola yang baik.

KOMPETESI PRODI

Programmer, Data Entry Supervisor, Accounting Analyst

CAPAIAN PEMBELAJARAN

ASPEK SIKAP (S)

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalis serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

ASPEK PENGUASAAN PENGETAHUAN (P)

1. Menguasai konsep, metode, prosedur, teknik dan praktik tentang penyusunan dan penyajian laporan keuangan yang terdiri atas (a) Laporan Laba-Rugi, (b) Laporan Perubahan Ekuitas, (c) Laporan Posisi Keuangan, (d) Laporan Arus Kas, dan (e) Catatan atas laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan – IFRS dan ETAP dan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum untuk perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau go-public.
2. Menguasai konsep teoritis tentang biaya dan metode penentuan harga pokok produk.
3. Menguasai teori manajemen keuangan.
4. Menguasai peraturan perpajakan dengan penekanan pada Pajak Penghasilan (PPh), dan Pajak Pertambahan Nilai & Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN & PPnBM), serta pajak daerah.
5. Menguasai teori dan metode pengembangan perangkat lunak aplikasi akuntansi.
6. Menguasai konsep teoritis mengenai database dan aplikasi pengolah data/DBMS.
7. Menguasai teori sistem informasi akuntansi.
8. Menguasai dasar-dasar pemrograman.
9. Menguasai konsep teoritis, metode, prosedur teknik dan praktik audit sistem informasi.
10. Menguasai konsep analisa sistem.
11. Menguasai teori pengembangan sistem berbasis objek.
12. Menguasai metode pengembangan sistem.
13. Menguasai pengalaman yang cukup.

ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

1. Mampu menyusun dan menyajikan laporan keuangan secara komprehensif yang terdiri atas (a) Laporan Laba-Rugi, (b) Laporan Perubahan Ekuitas, (c) Laporan Posisi Keuangan, (d) Laporan Arus Kas (e) Catatan Atas Laporan Keuangan perusahaan jasa, perdagangan dan manufaktur dengan menerapkan standar dan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum atau berlaku secara Internasional.
2. Mampu menyajikan informasi harga pokok produk, perencanaan dan pengendalian biaya perusahaan.
3. Mampu menghitung rasio keuangan entitas bisnis.
4. Mampu mengidentifikasi, menghitung, dan melaporkan Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) pribadi dan badan sesuai dengan Ketentuan Umum Perpajakan di Indonesia.
5. Mampu memahami dan menerapkan metode pengembangan perangkat lunak untuk membangun aplikasi akuntansi.
6. Mampu membuat dan mengolah database dengan sistem manajemen basis data.
7. Mampu mengoperasikan sistem informasi akuntansi dalam penyelesaian masalah entitas bisnis.
8. Mampu membuat sistem informasi akuntansi dengan bahasa pemrograman tertentu.
9. Mampu menyajikan data audit sistem informasi akuntansi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi
10. Mampu menganalisa sebuah sistem untuk menemukan permasalahan sistem dan mampu memberikan usulan dari permasalahan sistem yang ada.
11. Mampu merancang sebuah sistem informasi akuntansi berbasis objek.
12. Mampu mengimplementasikan teori analisa perancangan sistem akuntansi berbasis objek.
13. Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.

ASPEK KETERAMPILAN UMUM (KU)

1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku.
2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur.
3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.
4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan.
5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya.
6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri.
8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi."