VISI & MISI PERHOTELAN (D3)

Visi dan Misi PERHOTELAN (D3)

VISI

Menjadi program studi unggul dan menghasilkan lulusan yang profesional dibidang perhotelan dan berjiwa enterpreneur pada tahun 2033.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang kepariwisataan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang profesional dan berjiwa enterpreneur di bidang perhotelan.
2. Mengembangkan penelitian pada bidang perhotelan pada khususnya dan di bidang kepariwisataan pada umumnya.
3. Melaksanakan pengabdian bagi masyarakat dalam rangka berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
4. Membangun manajemen program studi yang efisien, efektif, akuntabel dan transparan dalam rangka mengembangkan dan menerapkan konsep tatakelola program studi yang baik (good governance).

TUJUAN

1. Menyiapkan sumber daya manusia yang profesional dibidang kepariwisataan, dengan berpedoman kepada tujuan pendidikan nasional, kaidah, moral dan etika ilmu pengetahuan.
2. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah di bidang pariwisata pada tingkat nasional maupun internasional.
3. Terselenggara pengabdian masyarakat sebagai implementasi bidang ilmu kepariwisataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
4. Terjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder baik pada tingkat nasional maupun internasional.
5. Terwujudnya akademik atmosfer di lingkungan prodi untuk menumbuhkan kreativitas civitas akademik.

Profi Lulusan

1. Food and Beverage Outlet Manager
Seorang Food and Beverage Outlet Manager bertanggung jawab mengarahkan dan mengkoordinasikan semua aktifitas kepada staf yang ditugaskan di restoran atau bar, memastikan semua standar prosedur dan pelayanan hotel dijalankan dan dikelola serta diimplementasikan secara konsisten serta mengutamakan kepuasan pelanggan.
2. Sous Chef
Sous chef/assistant head chef adalah seseorang yang secara langsung bertanggung jawab atas produksi dan bekerja sebagai asisten executive chef, sous chef/assistant head chef dapat menggantikan pekerjaan executive chef ketika executive chef berhalangan dan bertanggung jawab atas kelangsungan produksi.
3. Front Office Supervisor
Mengawasi registrasi tamu dan penanganan kamar, melakukan kredit yang tepat, check-cashing dan kebijakan dan prosedur penanganan kas, melakukan kredit yang tepat, melakukan dan memantau status kamar, menentukan lokasi ruang, ketersediaan tipe/jenis kamar dan tarif kamar, mengawasi update status kamar, berkomunikasi dengan Departemen reservasi, mendata kunci kamar, mengawasi penggunaan peralatan Front Office, memiliki posting data tamu check-out dan memfile semua biaya untuk tamu, akun master dan kartu kredit, melakukan prosedur untuk mengeluarkan dan menutup deposit box dan aman digunakan oleh tamu, memastikan melakukan etiket telepon dengan benar, memastikan email, paket dan pesan dengan tepat sesuai dengan prosedur, pada akhir waktu bekerja memberikan informasi selengkap- lengkapnya kepada shift berikut untuk ditindaklanjuti atau sebagai bahan informasi.
4. Floor Supervisor
Floor supervisor merupakan kordinator, mengawasi dan mengecek pekerjaan room attendant. Sesuai dengan jabatannya maka floor supervisor mempunyai ruang lingkup pekerjaan di dalam kamar tamu, guest corridor dan pantry station. Floor supervisor juga berperan aktif dalam membuat skala prioritas untuk program-program general cleaning kamar hotel. Mengawasi standar pembersihan kamar tamu, corridor dan pantry. Mengecek kamar yang telah dibersihkan kemudian me-realese-nya dengan segera. Memastikan bahwa semua room attendants bekerja sesuai dengan standar pelayanan kamar dan memimpin mereka untuk mencapai tujuan departemen dan filosofi hotel.